Telah Dibuka, Pendaftaran Sertifikasi Kompetensi Pengawas Syariah untuk DPS Koperasi Syariah, Calon DPS/DPS Baru

Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Nomor 11 Tahun 2017 mengatur bahwa setiap Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) dan Unit Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (USPPS) wajib memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS) dan setengahnya wajib memiliki sertifikat pendidikan dan pelatihan dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM pada Desember 2017, jumlah KSPPS/USPPS mencapai 5.000 Koperasi. Sehingga terdapat kebutuhan sebanyak 10.000 orang DPS.

Untuk meningkatkan kualitas Dewan Pengawas Syariah, setelah lulus pelatihan Pengawas Syariah di DSN-MUI Institute seorang DPS harus mengambil Sertifikasi dengan level yang lebih tinggi yaitu Sertifikasi Kompetensi Dewan Pengawas Syariah di LSP DSN-MUI. Sertifikasi Kompetensi ini bertujuan agar kemampuan DPS-DPS koperasi Syariah memenuhi 6 Unit Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pengawas Syariah. 6 Unit Kompetensi tersebut tertuang di Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2017 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Pengawas Syariah. Peserta Sertifikasi Kompetensi bila dinyatakan kompeten, maka akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi Pengawas Syariah dari LSP DSN-MUI yang merupakan kepanjangan tangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dengan demikian, Kompetensi peserta sebagai Pengawas Syariah diakui oleh Negara.

Maka untuk memenuhi hal tersebut di atas, LSP DSN-MUI pada tahun 2019 mulai membuka pendaptaran Sertifikasi Kompetensi Pengawas Syariah bagi DPS Koperasi Syariah, Calon DPS/DPS Baru yang telah lulus Pelatihan Pengawas Syariah di DSN-MUI Institute. Keputusan ini berdasarkan Keputusan Rapat Dewan Pengarah LSP DSN-MUI dengan Pengurus LSP DSN-MUI yang dilaksanakan pada awal tahun ini. Pada tahun 2019 ini, LSP DSN-MUI akan fokus mensertifikasi DPS Koperasi Syariah, Calon DPS/DPS Baru.

Untuk info pendaftaran Sertifikasi Kompetensi Pengawas Syariah bisa menghubungi kami di: Tlp. (021) 2239 2620, WA (085723468542) atau melalui email: lsp.dsnmui@gmail.com.

CATATAN : Waktu Pelaksanaan dapat berubah sewaktu-waktu.

LSP DSN-MUI

LSP DSN MUI

LSP DSN-MUI