Pengantar Ketua DSN-MUI

Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), sebagai lembaga yang dibentuk oleh MUI untuk menumbuhkembangkan ekonomi syariah, memiliki perhatian khusus pada setiap upaya peningkatan mutu dan kualitas pengembangan ekonomi syariah. Salah satu upaya tersebut adalah peningkatan kompetensi Dewan Pengawas Syariah (DPS) melalui Sertifikasi  Profesi Pengawas Syariah dengan standar kompetensi kerja yang diakui secara nasional.

Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan industri keuanga dan bisnis syariah yang cukup signifikan dalam satu decade terakhir, maka keberadaan DPS (sebagai organ DSN-MUI) yang menjadi garda terdepan dalam melakukan pengawasan terhadap kepatuhan dan kesesuaian syariah atas produk dan aktivitas Lembaga Keuangan Syariah (LKS), Lembaga Bisnis Syariah (LBS) dan Lembaga Perekonomian Syariah (LPS) maka standarisasi kompetensi dan profesionalitas Pengawas Syariah mutlak diperlukan.

Berdasarkan tuntutan tersebut serta mengacu pada ketentuan UU Nomor 13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan bahwa sertifikasi kompetensi kerja yang diakui adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), maka DSN-MUI berinisiatif membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi Dewan Syariah Nasional MUI (LSP DSN-MUI).

LSP DSN-MUI ini dibentuk untuk mengasesi kompetensi kerja para pengawas syariah di LKS, LBS dan LPS sesuai standard kompetensi kerja nasional yang ditetapkan. Ia juga dimaksudkan untuk membantu memastikan pencapaian program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pada sektor keuangan, bisnis, dan perekonomian syariah sebagaimana dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Dengan terbentuknya LSP DSN-MUI maka satu langkah maju lagi berhasil dijalankan dalam ikhtiar MUI untuk terus berusaha memasyarakatkan ekonomi syariah dan mensyariahkan ekonomi masyarakat. Semoga ikhtiar ini mendapat ridla dan inayah Allah SWT.

Wa Allah al-Muwaffiq ila Aqwam al-Thariq

Ketua DSN-MUI dan Ketua Dewan Pengarah LSP DSN-MUI

K.H. Ma’ruf Amin

LSP DSN-MUI

LSP DSN MUI

LSP DSN-MUI